13 Januari 2009

TUJUAN KOMUNIKASI

Setelah kita memperoleh hasil pada analisa khalayak, selanjutnya kita sudah bisa menentukan tujuan komunikasi kita. Hal ini diperlukan supaya kita dapat menentukan indikator apakah tujuan komunikasi dapat tercapai atau tidak. Penentuan tujuan komunikasi ini mencakup perkiraan tingkat perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku dari khalayak kita. Kita juga sudah bisa menentukan kapan, berapa lama dan berapa jumlah khalayak strategis yang ingin kita ubah. Agar lebih lengkap, perlu pula memasukkan indikator keberhasilan, agar memudahkan kita memantaunya.

Bagaimana cara kita menentukan tujuan komunikasinya?

Tentunya dengan cara mengkaji kembali hasil-hasil analisa sebelumnya. Kita dapat menentukan tujuan komunikasi dari data sebelumnya, tentang siapa dan bagaimana perilaku kritis setiap khalayak kita. Indikator keberhasilan biasanya diperkirakan dari tujuan komunikasi itu sendiri.

Informasi apa yang perlu diketahui?

1. Siapa khalayak strategis kita.
2. Di wilayah mana
3. Perubahan apa yang diinginkan dari mereka (sesuai dengan KAP/PSP)
4. Berapa banyak khalayak yang kita inginkan berubah
5. Berapa lama waktu yang tersedia untuk terjadinya perubahan

Tujuan komunikasi ini tidak perlu memakai rumus yang sulit. Kita bisa perkirakan saja berdasarkan tingkat kebutuhan khalayak terhadap isu yang dikembangkan dan jumlah khalayaknya sendiri.

Sumber: Studio Driya Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar